Saturday, October 23, 2021

Soal Jembatan Bentang Panjang LRT, Jokowi: Bayangkanlah Kehebatan Konstruksi Ini!

Jembatan bentang panjang LRT Jabodebek membentang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter. Jembatan ini menggunakan material beton seberat 9.688,8 ton atau setara dengan lebih tiga kali berat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

PropertiTerkini.com (Jakarta)Presiden Joko Widodo mengapresiasi insinyur Indonesia yang berhasil merancang Jembatan Lengkung Bentang Panjang ruas Kuningan pada proyek Kereta Api Ringan (Light Rail Transit/LRT) terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi atau (LRT Jabodebek).

“Sudah melayang di atas flyover, melengkung pula di ketinggian,” demikian dikatakan Jokowi melalui akun media sosial miliknya.

Baca Juga: Istimewa, Ini Hadiah Menteri PUPR untuk Perancang Jembatan Lengkung Terpanjang

Menurut Presiden, pekerjaan jembatan bentang panjang LRT Jabodebek yang melayang di atas flyover Kuningan, Jakarta Selatan tersebut sangatlah rumit.

“Untunglah, sang insinyur, Ibu Arvila Delitriana, lulusan Institut Teknologi Bandung berhasil merancang jembatan menakjubkan itu dan tersambung dengan presisi sejak kemarin,” kata Jokowi.

Bayangkanlah kehebatan konstruksi ini, lanjut Jokowi, jembatan membentang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter dan menggunakan material beton seberat 9.688,8 ton atau setara dengan lebih tiga kali berat Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Besi yang digunakan sejumlah 2.929,7 ton atau setara dengan lebih lima kali berat pesawat Airbus A-380.

Tidak heran jika konstruksi ini mengukir dua rekor dari Museum Rekor Indonesia, yaitu sebagai jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang, dan sebagai jembatan dengan pembebanan axial static loading test terbesar.

Baca Juga: Jembatan Teluk Kendari Capai 52%, Beroperasi Awal 2020

Dengan tersambungnya salah satu bagian tersulit dari konstruksi jalur LRT Jabodebek ini, proyek kereta LRT kian menampakkan hasil. LRT Jabodebek memiliki tiga lintas pelayanan, yakni Cawang–Cibubur, Cawang–Dukuh Atas, dan Cawang–Bekasi.

“Selamat kepada PT Adhi Karya Tbk. Selamat kepada Ibu Dina,” pungkas Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, Konstruksi Jembatan Lengkung Bentang Panjang telah memasuki tahap pengecoran terakhir yang dilakukan, Senin (11/11/2019).

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan Sertifikat Persetujuan Desain untuk pelaksanaan konstruksi Long Span LRT Jabodetabek tersebut.

Baca Juga: Jokowi: Waterfront City Sungai Kapuas Paling Bagus

Adapun hingga 1 November 2019, progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek Tahap I mencapai 67,3 persen. Sementara progres tiap ruas antara lain lintas Cawang – Cibubur 86,2 persen, Cawang Bekasi Timur 60,5 persen, dan Cawang – Kuningan – Dukuh Atas 58,3 persen.

2 COMMENTS

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU