Friday, September 24, 2021

Resta Pendopo KM 456 Jadi Destinasi Wisata Baru di Jawa Tengah

Dengan fasilitas lengkap dan nyaman, Resta Pendopo KM 456 diharapkan bukan hanya sebagai tempat beristirahat namun juga menjadi destinasi wisata bersama keluarga yang dapat memenuhi segala kebutuhan.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Mulai beroperasi pada awal tahun 2020, pengalaman baru kini dapat dirasakan oleh para pengendara yang melintas di ruas Tol Trans Jawa, tepatnya di ruas Tol Semarang-Solo KM 456. Di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area Resta Pendopo KM 456 yang dikelola oleh PT Astari Marga Sarana, pengunjung akan dimanjakan dengan beragam fasilitas serta pemandangan alam nan indah yang dapat menyegarkan mata dan pikiran.

“Resta Pendopo KM 456 mengusung konsep baru beristirahat di jalan tol yang menjadi oase bagi para pengguna jalan tol yang lelah. Selain itu juga sebagai destinasi wisata bagi para pencinta wisata sekaligus sarana entertainment dan rekreasi bagi masyarakat sekitar dengan menghadirkan keanekaragaman produk dari Jawa Tengah,” kata Daisy Setiawan, Direktur PT Astari Marga Sarana, melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Buka Akses Langsung ke Tol Cimaci, Kota Wisata Cibubur Semakin Prospektif

Menghadirkan bangunan yang megah dan mewah serta dilengkapi dengan beragam fasilitas, rest area ini merupakan inovasi terbaru tempat istirahat dan pelayanan jalan tol dengan konsep destinasi wisata.

Dari sisi arsitektur konsep yang dihadirkan Resta Pendopo KM 456 cukup unik, mengangkat perpaduan antara konsep arsitektur modern dan tradisional, rest area ini dibangun di dua sisi jalan tol dan dihubungkan dengan sebuah skybridge yang melintang di atas jalan.

Dari skybridge, pengunjung dapat melihat hamparan indah pemandangan di sekitar rest area ini, serta dapat merasakan sensasi melihat kendaraan yang tepat melaju di bawahnya.

Pada lima bangunan utama dan sesuai penamaannya, Resta Pendopo KM 456 mengadaptasi bentuk pendopo sebagai arsitektur utama bangunan. Arsitektur pendopo ini dipadukan dengan ruang terbuka melalui jembatan yang menyatukan dua sisi bangunan dan struktur bangunan yang bertingkat.

Hal ini memungkinkan pengunjung dapat menikmati panorama hamparan sawah di sisi bangunan, menghirup udara segar, sambil menikmati pemandangan gunung-gunung indah yang muncul ketika cuaca cerah.

Baca Juga: Bendungan Kamijoro Diharapkan Menjadi Tujuan Wisata di Bantul

“Resta Pendopo KM 456 dikelilingi oleh lima gunung ikonik di Jawa Tengah yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Gunung Ungaran. Pastinya sudah terbayang di benak Anda, pemandangan indah serta segarnya udara yang tersaji di sekitar rest area ini. Belum lagi Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas lengkap yang tersedia. Pastinya akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan,” terang Daisy.

Memahami perkembangan minat masyarakat yang gemar berbagi pengalaman di media sosial, rest area ini juga menyediakan tempat-tempat berswafoto yang populer dengan latar belakang pemandangannya yang indah. Salah satu spot foto yang menjadi favorit yaitu Sky Deck, dimana para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang gunung dan hamparan sawah.

“Agar para pengunjung dapat mengabadikan momen saat singgah di Resta Pendopo KM 456,” tambah Daisy.

Ekosistem Kuliner & Belanja

Pemandangan Resta Pendopo KM 456
Pemandangan yang siap memanjakan pandangan para pengunjung. (dok. AMS)

Ditujukan untuk menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jawa Tengah, Resta Pendopo KM 456 dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang berbeda kepada para pengguna jalan tol, khususnya yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo saat singgah di rest area.

Sehingga, selain memanjakan indra penglihatan dengan pemandangan yang indah, rest area ini juga akan memanjakan lidah para pengunjung dengan kehadiran ritel kuliner yang lengkap.

Baca Juga: Arumaya Residences Rampung, ASTRA Property dan Hongkong Land Gelar Topping Off

“Kehadiran Resta Pendopo KM 456 bertujuan untuk membangun ekosistem kuliner Jawa Tengah dengan merangkul UMKM dari kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Solo serta kabupaten lainnya di area sekitar tol. Sebelum dihadirkan di rest area ini, beragam kuliner lokal khas Jawa Tengah tersebut terlebih dahulu telah melewati proses kurasi, sehingga rasa dan kualitasnya terjamin,” jelas Daisy.

Untuk deretan sajian kuliner yang dapat Anda nikmati di rest area ini memang terbilang cukup lengkap, di antaranya yaitu Ayam Goreng Bu Toha, Tahu Baxo Bu Pudji, Serabi Notosuman (Ny. Handayani), Ronde Jago, Sate Sapi Suruh dari Salatiga, Pecel Semanggi serta Singkong Keju D-9 yang bergabung bersama nama-nama besar seperti Starbucks, Solaria, Thee Kultur, Tong Tji, Kopi Banaran dan lainnya.

Peritel besar ini juga memberikan pengalaman yang berbeda melalui desain interior dan konsep restaurant yang unik. Melalui kerja sama dengan Dinas Koperasi & UMKM wilayah Jawa Tengah, para penggerak UMKM juga dapat mengembangkan potensi sebagai pemain ritel independen.

Hal ini menjadikan Resta Pendopo KM 456 sebagai destinasi kuliner dan produk UMKM kebanggaan yang layak untuk menjadi destinasi wisata.

Baca Juga: Sambangi Modern Halal Valley, Menperin Harap Jadi Pusat Produksi Halal Dunia

Diharapkan dapat menjadi pusat UMKM lokal untuk mengembangkan diri dan menjajakan produknya kepada konsumen, rest area ini juga mengembangkan toko oleh-oleh khas Jawa Tengah bersama Resta Sae.

Di sini, pengunjung dapat menemukan beragam oleh-oleh mulai dari produk fashion, batik, mainan hingga makanan kecil. Selain itu kehadiran tenant fashion seperti SALEZONE & PUMA OUTLET yang memberikan diskon spesial bagi pengunjung, membuat rest area ini sangat cocok untuk menjadi destinasi belanja.

Untuk menunjang aktivitas lain para pengunjung, seperti rest area pada umumnya, Resta Pendopo KM 456 dilengkapi dengan fasilitas parkir yang luas, toilet yang bersih dan nyaman, mushola, masjid, area terbuka bahkan outlet ritel fashion turut bergabung meramaikan area.

Dengan fasilitas lengkap dan nyaman, rest area ini diharapkan bukan hanya sebagai tempat beristirahat namun juga menjadi destinasi wisata bersama keluarga yang dapat memenuhi segala kebutuhan.

Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Lantai Upper Ground Resta Pendopo
Lantai Upper Ground yang menggunakan gedheg untuk atap bangunannya. (dok. AMS)

Mengutamakan keselamatan, kesehatan dan kenyamanan pengunjung Resta Pendopo KM 456  menjalankan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Beberapa penerapan protokol kesehatan yang dilakukan yaitu pengecekan suhu tubuh pengunjung saat memasuki area, pengaturan kendaraan di area parkir yang membatasi kapasitas parkir kendaraan dari jumlah biasanya, serta senantiasa mengingatkan penggunaan hand sanitizer bagi seluruh pengunjung.

Baca Juga: Polytron Rilis Smart Cinemax Soundbar Android TV

“Resta Pendopo KM 456 selalu berkomitmen untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan dan keamanan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan mengharuskan seluruh karyawan, tenant dan pengunjung rest area ini untuk terus menerapkan standar protokol kesehatan tersebut,” tambah Raymond Aditya, Property Management Head Resta Pendopo KM 456.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU