Friday, December 9, 2022

Betonmix, Obat Beton Paling Ampuh Atasi Masalah Pengecoran

Cairan Betonmix meningkatkan mutu beton, mempermudah proses pengecoran dan menjadikan beton lebih kedap air.

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (JAKARTA)Beton tidak bisa dipisahkan dari konstruksi sebuah bangunan permanen. Mulai dari pondasi, atap dak beton, tiang, hingga pembatas antar lantai. Namun, permasalahan yang sering muncul dikemudian hari, bahkan baru beberapa tahun, yakni mulai terlihat retak, rembes dan lainnya. Maka untuk mengatasi persoalan ini, Betonmix dari Aquaproof menjadi solusinya.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam proses pengecoran beton, proporsi komponen material yang digunakan harus sesuai dengan perencanaan agar mendapat beton yang berkualitas. Komponen pembentuk beton terdiri dari campuran semen, air, pasir (agregat halus) dan kerikil (agregat kasar).

Baca Juga: Dak Beton Bocor, Begini Cara Mengatasinya!

Air merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam pembentukan beton yaitu sebagai pencampur komponen lainnya dalam proses pengadukan beton. Kekurangan air akan membuat aliran beton tidak lancar dan menimbulkan risiko beton keropos. Sebaliknya, kebanyakan air dalam campuran beton juga akan menurunkan kuat tekan beton tersebut.

Untuk menghindari permasalahan tersebut, dibutuhkan bahan tambahan dalam proses pengecoran beton. Betonmix adalah bahan penguat beton yang cukup dicampurkan ke dalam adukan beton sebanyak 1% dari berat semen. Penambahan cairan ini akan membuat beton yang dihasilkan lebih padat, tidak keropos dan lebih kedap air.

Chandra Kurniawan, Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia mengatakan, bahan penguat beton atau obat beton Betonmix merupakan salah satu produk dari Aquaproof yang berbentuk cairan bening siap pakai dengan Superior Plasticizer Technology yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas adukan beton.

Baca Juga: Semakin Dekat Dengan Pelanggan, Aquaproof Kenalkan Sosok Alpha

“Betonmix dipasarkan dalam ukuran kemasan 1 kg, 5 kg dan 30 kg yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan,” kata Chandra.

Adapun keunggulan penggunaan Betonmix dibanding aditif sejenisnya:

1. Meningkatkan mutu beton.

Dengan penggunaan Betonmix, pemakaian air dapat dikurangi tanpa mempengaruhi daya alir beton (kemudahan aplikasi/workability/slump) serta dapat meningkatkan kuat tekan beton. Penambahan Betonmix ke adukan beton dapat mengurangi penggunaan air hingga 30% dari kebutuhan air normal, dan berpengaruh juga pada peningkatan kuat tekan beton hingga 20% ketika beton berumur 28 hari.

Baca Juga: Conwood Beyond, Material Pengganti Kayu yang Lebih Praktis dan Efisien, Begini Cara Pemasangannya! 

2. Mempercepat pengerasan beton.

Beton + BETONMIX umur 7-14 hari mempunyai kuat tekan setara dengan beton tanpa Betonmix umur 28 hari.

3. Mempermudah pengecoran beton.

Untuk mempermudah pengerjaan pengecoran, Betonmix dapat ditambahkan ke dalam adukan. Slump beton (daya alir) akan meningkat tanpa menurunkan kuat tekan beton yang dihasilkan. Beton yang mengalir diperlukan untuk pengerjaan cor beton seperti area yang sangat luas, beton dengan sistem tulangan yang rapat, kolom yang tinggi, luas penampang yang kecil, dan pengecoran dengan menggunakan pompa beton. Betonmix menjadikan beton bersifat self-compacting (memadat dengan sendirinya) sehingga hasil cor menjadi lebih padat dan tidak keropos.

Baca Juga: TEKA Dukung Produk Lantai Kayu yang Sustainable

4. Meningkatkan kekedapan air.

Beton yang lebih padat memiliki pori-pori yang jarang dan lebih kecil sehingga air tidak meresap ke dalamnya. Hal ini membuat beton lebih kedap air dan meminimalisir masalah rembes dan bocor di kemudian hari.

Sementara penggunaan Betonmix terdapat 2 cara, yaitu pengadukan manual dan ready mix.

Cara penggunaan Betonmix dalam pengadukan manual adalah sebagai berikut:

  1. Betonmix ukuran 1 kg dapat digunakan untuk 2-8 zak semen (1 zak semen = 50 kg) atau 0,2% – 1% dari berat semen.
  2. Campur Betonmix dengan air yang akan digunakan. Penggunaan air dapat dikurangi 10%-30% dari kebutuhan air normal.
  3. Masukkan campuran air dan Betonmix ke dalam adukan pasir, kerikil dan semen lalu aduk hingga rata.
  4. Lakukan pengecoran seperti biasa, usahakan adukan beton selesai dituang dalam waktu kurang dari 1 jam.

Baca Juga: Bangun Infrastruktur di NTT dan NTB Pendekatannya Build Back Better

Sedangkan penggunaan Betonmix dalam ready mix adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan kualitas beton yang dipesan, slump (10±2 cm, usahakan slump sekecil mungkin), dan kapasitas mobil. Misalnya: beton kualitas K300, artinya dalam 1 m3 beton, kandungan semen minimal 300 kg, kapasitas mobil molen 7 m3.
  2. Masukkan cairan Betonmix (0,2-1% dari berat semen) ke dalam mobil molen bila pengecoran siap dilakukan, (masukkan setengahnya terlebih dahulu, putar selama 5 menit kemudian amati daya alir beton, tambahkan sisa Betonmix secukupnya sambil diputar hingga adukan beton cukup plastis tapi beton tidak bleeding,
  3. Tuang adukan beton, usahakan beton selesai dituang dalam waktu kurang dari 1 jam.

Chandra melanjutkan, saat ini, Aquaproof juga semakin mendekatkan diri dengan pelanggannya dengan menghadirkan sosok Alpha, maskot resmi dari Aquaproof yang akan membantu memberikan solusi waterproofing.

Baca Juga: Alasan Toilet Tanpa Tangki dari Geberit Jadi Pilihan Hotel-hotel di Asia Utara dan Tenggara

Alpha menjadi sosok yang ahli dalam menginspirasi produk waterproofing yang berkualitas dan ahli mengeksplorasi teknologi baru. Tubuh Alpha yang terlapisi menandakan perlindungan menyeluruh seperti Aquaproof yang selalu melindungi bangunan, bukan sekadar janji,” terangnya.

Seluruh produk-produk Aquaproof dapat dengan mudah dijangkau melalui layanan pembelian 24 jam melalui toko Aquaproof Official dalam marketplace favorit, dan tentunya dengan berbagai tawaran yang menarik. Produk-produk Aquaproof juga tersedia di toko bangunan terdekat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU