Banner Louis
Saturday, April 20, 2024

AkzoNobel Dorong Penerapan Desain Berkelanjutan

AkzoNobel membantu konsumen industri menghemat biaya, memperpanjang siklus perawatan, dan menjadikan ruang hidup lebih berwarna.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), produsen cat Dulux Professional, terus mendukung penerapan desain berkelanjutan dalam pembangunan atau renovasi properti residensial, properti komersial dan fasilitas umum di Indonesia melalui Dulux Professional talk show.

Talk show ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengedukasi para profesional, seperti arsitek dan desainer interior, mengenai pentingnya desain yang berkelanjutan dan menciptakan bangunan yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Permintaan Cat Terus Meningkat, PT Mowilex Indonesia Resmikan Pabrik Baru Berteknologi Canggih di Cikande, Banten

Para ahli juga mengatakan bahwa gedung yang menerapkan desain berkelanjutan dapat menghemat energi 40% lebih banyak 2 dibandingkan dengan properti tradisional, meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi CO2.

Selain itu, material rendah karbon pada bangunan ramah lingkungan ini telah terbukti dapat mengurangi emisi bangunan hingga 30% 3.

Bentuk dukungan AkzoNobel yang paling menonjol adalah penyediaan Dulux Professional, yang merupakan berbagai solusi cat dan pelapis dengan teknologi yang dapat menghemat energi dan menghadirkan efisiensi penggunaan bahan baku untuk kebutuhan proyek-proyek residensial dan komersial, misalnya Dulux Professional Weathershield Express, yang dapat meningkatkan produktivitas hingga 30%, dengan konsep one less coat faster completion time.

Baca Juga: Aquaproof Hadirkan Tren Warna Cat Pelapis untuk Dinding

AkzoNobel adalah pelopor di Indonesia yang menerapkan konsep ini untuk cat eksterior dengan tujuan menghemat penggunaan bahan baku untuk mendukung keberlanjutan. ICE BSD dan Ciputra World adalah beberapa contoh bangunan ramah lingkungan yang telah menggunakan produk Dulux Professional.

Yudhy Aryanto, Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), mengatakan, pada sektor properti, desain berkelanjutan semakin penting. Oleh karena itu, perlu mencari cara untuk memperpanjang masa pakai produk dan menghindari penipisan sumber daya alam.

“Hal ini dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, serta meningkatkan kesehatan dan kenyamanan penghuni bangunan, sehingga meningkatkan kinerja bangunan,” katanya.

Baca Juga: Cat Heatgard, Penolak Panas yang Bikin Rumah Lebih Adem

Kata dia, AkzoNobel berkomitmen untuk berperan dalam pengembangan berkelanjutan industri cat dan pelapis melalui pendekatan People.Planet.Paint. yang berkelanjutan.

“Melalui pendekatan ini, kami memastikan lingkungan kerja yang aman dan beragam untuk mengembangkan sumber daya manusia kami yang memiliki potensi, mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan menghadirkan produk yang lebih berkelanjutan dan sehat,” terangnya.

“Kami juga terus bekerja sama dengan mitra kami dan pemangku kepentingan terkait untuk mendukung pembangunan berkelanjutan demi masa depan yang lebih baik,” lanjut Yudhy.

Baca Juga: Cat Catylac AkzoNobel Beri Apresiasi Kepada Mitra Dulux (Painters)

Aspek keberlanjutan juga mendapat perhatian serius dari pemangku kepentingan terkait seperti Ikatan Arsitek Indonesia dan Himpunan Interior Designer Indonesia. Mereka senantiasa menyuarakan pentingnya aspek keberlanjutan dalam desain bangunan.

Edukasi mengenai pemilihan material yang berkelanjutan baik kepada sesama rekan arsitek, interior desainer maupun pelanggan industri dan bisnis juga dilakukan secara konsisten.

Ar. Doti Windajani, IAI, AA, Principal Quadratua Indonesia/Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia Jakarta, mengatakan, saat ini pemanasan global semakin serius dan hal ini mempengaruhi suhu di kota-kota termasuk di Jakarta.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Semen yang Tepat untuk Hunian

Fenomena ini, kata dia, dikenal sebagai urban heat island yang merupakan fenomena peningkatan suhu udara di wilayah perkotaan. Untuk mengatasi peningkatan suhu ini, diperlukan partisipasi dan kerja sama dari seluruh pihak terkait.

“Kami para arsitek perlu senantiasa berinovasi dalam merancang gedung dan bangunan yang berkelanjutan sehingga mendukung terciptanya kota layak huni,” ungkapnya.

Ranu Scarvia, S.Sn, M.Sn, Principal GMDI/Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia Jakarta, menuturkan, merancang interior bangunan dilakukan dengan seksama, termasuk memahami jenis material yang akan digunakan, perilaku orang di dalamnya serta memenuhi kenyamanan penghuninya.

Baca Juga: Memilih Granit Tile yang Tepat dan Benar untuk Hunian

Menurutnya, memperhatikan suhu dalam ruangan, tingkat keterangan dalam ruangan dari sinar lampu maupun sinar matahari yang masuk, dan tingkat kebisingan dalam ruangan juga akan mempengaruhi kualitas hidup dan kinerja para penghuninya.

“Merancang interior bangunan juga harus memperhatikan aspek keberlanjutan seperti pemilihan material atau cat untuk interior yang berkelanjutan dan meningkatkan kenyamanan,” terang Ranu.

Desain yang berkelanjutan bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, dan hal ini didukung oleh produsen cat. Teknologi di industri cat terus berkembang untuk menciptakan produk berkelanjutan yang lebih efisien dan aman, baik bagi lingkungan maupun manusia.

Baca Juga: Ketahui, 4 Cara Memilih Mesin Cuci dengan Tepat

Solusi berkelanjutan AkzoNobel seperti teknologi KeepCool seperti dalam produk cat eksterior Dulux Weathershield membantu menghemat konsumsi energi. Cat ini memantulkan energi matahari, mengurangi energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan bangunan di musim panas.

Teknologi ini dapat mengurangi suhu dinding hingga 5 derajat Celcius yang menjadikan ruangan lebih sejuk, sehingga menghasilkan potensi penghematan energi dalam sebuah bangunan sebesar 10-15 persen.

Dengan cat Dulux yang tahan lama dan berkelanjutan yang melindungi permukaan lebih lama, AkzoNobel membantu konsumen industri menghemat biaya, memperpanjang siklus perawatan, dan menjadikan ruang hidup lebih berwarna.

Baca Juga: Kulkul Beach House Hadirkan Tempat Bersantai Sempurna di Pantai Pasir Putih Nusa Dua, Bali

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Demo Half Page